25.4.11

Psikologi Pendidikan dan Psikologi Sekolah

Psikologi Pendidikan:
adalah cabang dari ilmu psikologi yang mengkhususkan diri pada cara pembelajaran dalam lingkungan pendidikan. Seperti pada posting pertama saya, disebutkan bahwa pencetus psikologi pendidikan adalah William James, John Dewey dan E.L.Thorndike. Umumnya bahasan yang dipaparkan dalam psikologi pendidikan terkait dengan belajar(teori, prinsip dan ciri khas pelajar), proses belajar(tahapan pembuatan dan peristiwa dalam kegiatan belajar), dan situasi belajar(suasana dan keadaan lingkungan fisik maupun non fisik terhadap pelajar). Psikolog pendidikan adalah orang yang menangani masalah dalam proses belajar pelajar sehingga mereka dapat meningkatkan mutu belajar. 
Psikolog pendidikan biasanya berfokus pada bagaimana pelajar dapat mengatasi masalah emosional, sosial maupun kesulitan lain yang dihadapi saat proses belajar.

Psikologi Sekolah:
lebih berfokus kepada metode dan kurikulum apa yang harus diterapkan dalam sekolah agar dapat meningkatkan proses dan mutu belajar siswa serta menciptakan situasi yang mendukung bagi siswa agar dapat membentuk kemampuan/mindset yang baik pula.
Tugas psikolog pendidikan berupa:
  • memberikan konseling, pengajaran, dan pendampingan kepada siswa yang bermasalah dalam aspek sosial, emosi, dan perilaku
  • meningkatkan prestasi siswa dengan menentukan strategi instruksional terbaik untuk meningkatkan pembelajaran
  • mempromosikan kesehatan dan ketahanan dengan memperkuat komunikasi dan keterampilan sosial, pemecahan masalah, manajemen kermarahan, self-regulasi, penentuan nasib dan optimisme
  • meningkatkan pemahaman dan penerimaan beragam budaya dan latar belakang


Referensi:
Santrock,J.W.(2008). Psikologi Pendidikan(edisi kedua). Jakarta: Prenada Media Group

No comments:

Post a Comment