10.4.11

Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus

Memang terasa sangat sulit ketika kita dihadapkan dengan anak-anak yang membutuhkan perhatian khusus dalam pembelajaran, oleh karenanya, pengajar harus mampu memanipulasi si anak dengan melakukan trik-trik atau cara khusus dalam proses belajar. Nah, berikut beberapa strategi belajar yang baik untuk berinteraksi dengan anak berkebutuhan khusus:

  1. Selalu mengingat level fungsi mental anak
  2. Sesuaikan intruksi pengajaran Anda dengan kebutuhan anak
  3. Jangan berprasangka negatif terhadap kemampuan belajar anak
  4. Sadari bahwa banyak anak dengan retardasi mental bukan hanya memiliki kebutuhan akademik, tetapi juga bantuan untuk ketrampilan perawatan diri dan juga ketrampilan sosial.
  5. Orang tua harus dilibakan sebagai mitra/partner dalam mendidik anak
Dengan memperhatikan langkah-langkah di atas, kita dapat lebih mudah berinteraksi dan masuk ke dalam dunia anak berkebutuhan khusus sehingga dapat membantu mereka dalam mengerti apa yang sedang mereka hadapi :)

Sumber: Santrock, J.W. (2008). Psikologi Pendidikan (edisi kedua). Jakarta: Prenada Media Group  

No comments:

Post a Comment