12.3.14

Apa Itu Psikologi Pendidikan?


Psikologi pendidikan adalah cabang ilmu psikologi yang mengkhususkan diri pada cara memahami pengajaran dan pembelajaran dalam lingkungan pendidikan. Sejarah adanya psikologi pendidikan dimulai pada awal abad ke-20 dan ada tiga perintis terkemuka, yaitu:
1.       William James yang mendiskusikan aplikasi psikologi untuk mendidik anak. James mengatakan bahwa eksperimen psikologi di laboratorium sering kali tidak bisa menjelaskan kepada kita bagaimana cara mengajar anak secara efektif. James merekomendasikan untuk mulai mengajar anak pada titik yang sedikit lebih tinggi di atas tingkat pengetahuan dan pemahaman anak dengan tujuan untuk memperluas cakrawala pemikiran anak.
2.       John Dewey mencetuskan pandangan tentang anak sebagai pembelajar aktif (active learner). Dewey percaya bahwa anak-anak akan belajar dengan lebih baik jika mereka aktif. Kemudian Dewey mendapatkan ide bahwa pendidikan seharusnya difokuskan pada anak secara keseluruhan dan memperkuat kemampuan anak untuk beradaptasi dengan lingkungannya. Dan gagasan terakhir Dewey adalah semua anak berhak mendapatkan pendidikan yang selayaknya.
3.       E. L. Thorndike berpendapat bahwa salah satu tugas pendidikan di sekolah yang paling penting adalah menanamkan keahlian penalaran anak. Ia mengajukan gagaasan bahwa psikologi pendidikan harus punya basis ilmiah dan harus berfokus pada pengukuran.

No comments:

Post a Comment