Psikologi
pendidikan adalah cabang ilmu psikologi yang mengkhususkan diri pada cara
memahami pengajaran dan pembelajaran dalam lingkungan pendidikan. Sejarah
adanya psikologi pendidikan dimulai pada awal abad ke-20 dan ada tiga perintis
terkemuka, yaitu:
1. William James yang mendiskusikan
aplikasi psikologi untuk mendidik anak. James mengatakan bahwa eksperimen
psikologi di laboratorium sering kali tidak bisa menjelaskan kepada kita
bagaimana cara mengajar anak secara efektif. James merekomendasikan untuk mulai
mengajar anak pada titik yang sedikit lebih tinggi di atas tingkat pengetahuan
dan pemahaman anak dengan tujuan untuk memperluas cakrawala pemikiran anak.
2. John Dewey mencetuskan pandangan
tentang anak sebagai pembelajar aktif (active
learner). Dewey percaya bahwa anak-anak akan belajar dengan lebih baik jika
mereka aktif. Kemudian Dewey mendapatkan ide bahwa pendidikan seharusnya
difokuskan pada anak secara keseluruhan dan memperkuat kemampuan anak untuk
beradaptasi dengan lingkungannya. Dan gagasan terakhir Dewey adalah semua anak
berhak mendapatkan pendidikan yang selayaknya.
3. E. L. Thorndike berpendapat bahwa salah
satu tugas pendidikan di sekolah yang paling penting adalah menanamkan keahlian
penalaran anak. Ia mengajukan gagaasan bahwa psikologi pendidikan harus punya
basis ilmiah dan harus berfokus pada pengukuran.
No comments:
Post a Comment