10.3.11

Tahu akan diri sendiri dan orang lain?

Setelah mendapatkan penilaian dari teman-teman mengenai sifat saya dari segi positif maupun negatif, saya merasa ada beberapa sifat yang memang saya sadari ada dalam diri saya dan juga ada beberapa yang baru saya sadari setelah diberitahu oleh orang lain. Sifat-sifat seperti ini dapat dijelaskan dengan adanya Johari Window yang membagi pengetahuan seseorang menjadi empat bagian yaitu:
  1.  Saya tahu, orang lain tahu (terbuka/open)
  2.  Saya tahu, orang lain tidak tahu (rahasia/secret)
  3.  Saya tidak tahu,orang lain tahu (buta/blind)
  4. Saya tidak tahu, orang lain tidak tahu (misteri)

Saya merasa ada beberapa sifat saya yang bersifat terbuka/open, dan ada juga sebagian yang bersifat rahasia/secret dan  ada pula yang bersifat buta/blind.

Menurut teori Vygotsky (1962), anak-anak menggunakan bahasa bukan hanya untuk komunikasi sosial, tetapi juga untuk merencanakan, memonitor perilaku dengan caranya sendiri. Penggunaan bahasa untuk mengatur diri sendiri (inner speech) atau pembicaraan pribadi (private speech). Menurut Piaget, private speech sifatnya egosentris.
Memang dalam menilai orang-orang yang ada di lingkungan kita, kita cenderung berlau egosentris tanpa memikirkan apa yang akan terjadi bila kita mencap orang tersebut dengan pemikiran-pemikiran kita sendiri.

Dalam teori Piaget, proses kita mengenal seseorang/benda didahului oleh asimilasi dari diri kita sendiri mengenai subjek tersebut dimana kita memasukkan atau menambahkan informasi baru ke dalam informasi yang sudah ada dan kemudian dilanjutkan dengan munculnya akomodasi atau adaptasi kita dengan informasi atau lingkungan baru tersebut.

No comments:

Post a Comment