31.1.11

history of educational psychology

Yak posting kedua ini kita bumbui sedikit mengenai pelajaran aja kali yaa?

Alright so, apakah Anda merasa tertarik dengan ilmu psikologi? Woop! jangan cepat dahulu menjawab. karena sebetulnya ilmu piskologi bukan cuman duduk dengan jas putih panjang berhadapan dengan orang-orang yang biasanya disebut orang stress atau orang sableng alias gila. Juga bukan ilmu dimana seseorang menggoyang-goyangkan bandul hingga Anda tertidur. 
No no no, jadi pada dasarnya ilmu psikologi itu sendiri dibagi dalam beberapa jurusan : klinis, pendidikan, industri dan organisasi, eksperimental, perkembangan dsb.

Nah disini kita bahas sikit yaa mengenai psikologi pendidikan. Apa sih itu sebenarnya ?

Psikologi pendidikan adlah salah satu cabang ilmu psikologi yang mengkhususkan dirinya dalam cara memahami pengajaran dan pembelajaran dalam lingkungan pendidikan. Contohnya yah gampang, lihat saja guru dan murid.

Sesuatu itu kan gak dateng tiba-tiba yakan? Nah kita intip-intip sedikit yuk latar belakangnyaaa :) 

History of educational psychology :
Jadi tuh piskologi oendidikan adanya sebelum abad ke-20. Yang ngerintis ada 3 master lho:


William James 
Dalam pengajaran kuliahnya, ia mendiskusikan aplikasi psikologi untuk mendidik anak. Ia juga merekomendasi untuk mulai mengajar anak pada titik yang sedikit lebih tinggi di atas tingkat pengetahuan dan pemahaman si anak dengan tujuan memperluas cakrawala pemikiran anak.




Next, ada John Dewey. Tokoh kedua ini memiliki pandangan bahwa anak adalah pembelajar aktif (active learner) dimana ia percaya anak-anak akan belajar dengan lebih baik jika mereka aktif. Selain itu, Dewey juga menggagaskan bahwa pendidikan seharusnya difokuskan pada anak secara keseluruhan dan memperkuat kemampuan anak untuk beradaptasi dengan lingkungannya. Ia juga menyarankan agar anak diajari cara untuk berpikir dan beradaptasi dengan dunia luar sekolah serta harus mampu memecahkan masalah secara reflektif.


Terakhir, E.L.Thorndike. Beliau ini adalah seorang ahli dalam melakukan studi belajar dan mengajar secara ilmiah. Ia berpendapat bahwa salah satu tugas dari pendidikan di sekolah yang paling penting adalah menanamkan keahlian penalaran anak.






Nah dengan begini dapat kita simpulkan bahwa :
  • William James ->memperluas cakrawala anak dengan memberi standar sedikit lebih tinggi
  • John Dewey -> anak harus aktif dan mampu beradaptasi dengan lingkungannya
  • E.L.Thorndike-> anak harus memiliki kemampuan penalaran.

Well, udah capek dong bacanya panjang lebar? Semoga yang dibaca bisa bermanfaat deh :)
yang nulis juga udah rada teler nih. so ya Good night dulu yaaaa!
Cya peeps !

26.1.11

Permanent first blogie

Howdy there ! Feeling well peeps?
This is my very first post and i was pleased that i've made up this blog.
Firstly, I'd like to introduce you all peeps myself. I'm Caroline and I was graduated last year from an average highschool in my town which means I am a freshman in college.
So, I'm now entering my second semester and seems like everything will really burst up !
Papers will be bunches, night will seem so long, my very precious sleep time will lose some and so on :(
But i think FUN and KNOWLEDGE of me will increase ! (perhaps)
well let's check it out later.

Yep time to say goodnight.
Gotta off now,
Ciaooo!

my first post this month this week in this blog
*kisshugkisshug